Wednesday , July 24 2024
Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar SMK Jurusan TKJ Bagus dan Murah Terbaru

5 Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar SMK Jurusan TKJ Bagus dan Murah Terbaru Juli 2024

Selamat datang kembali di website ArsipUmum.com yang kali ini spesial akan membahas tentang rekomendasi laptop terbaik untuk pelajar SMK jurusan TKJ yang bagus dan murah. Apa saja sih laptop yang cocok untuk jurusan TKJ? Adapun rekomendasi laptop untuk pelajar SMK jurusan TKJ yang bagus dan murah adalah Infinix Inbook X2, Redmibook 15, HP Pavilion 15, Asus ROG Zephyrus G14, dan Acer Aspire 7.

Memilih laptop baru untuk pelajar SMK TKJ harga 2-3 jutaan, 5 jutaan, 10 jutaan bahkan 15 jutaan memang tidak boleh sembarangan. Ada banyak laptop murah untuk anak sekolah yang di jual dipasaran. Namun, sebelum membeli laptop untuk sekolah dan gaming baru, tidak ada salahnya membaca-baca referensi harga laptop untuk pelajar smk jurusan da fiturnya. Bagaimana cara memilih laptop pelajar SMK TKJ? Dan berapa harga laptop RAM 3, RAM 4 dan RAM 8 untuk pelajar SMK TKJ, simak ulasannya sapmpai selesai.

Apa itu Jurusan TKJ?

TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang komputer, jaringan, dan perangkat keras dan lunak terkait. Jurusan ini berfokus pada desain dan implementasi sistem komputer yang mendukung komunikasi yang aman, penyimpanan data, dan berbagi sumber daya.

Jurusan TKJ adalah jurusan yang menarik dan menantang karena mengikuti perkembangan teknologi yang selalu berubah. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas, baik di sektor pemerintahan, swasta, maupun industri. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan TKJ adalah teknisi komputer, administrator jaringan, web developer, programmer, dan lain-lain.

Baca informasi lainnya cara mengatasi Kamera Canon tidak bisa mengambil foto atau Merekam Video.

Fitur Utama yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Laptop Untuk Jurusan TKJ

Laptop adalah salah satu alat yang penting bagi pelajar SMK jurusan TKJ. Laptop digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas di jurusan TKJ. Oleh karena itu, laptop yang dipilih harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan jurusan TKJ. Berikut adalah beberapa fitur utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih laptop untuk jurusan TKJ:

  • Prosesor: Prosesor adalah otak dari laptop yang menentukan kinerja dan kecepatan laptop. Prosesor yang baik untuk jurusan TKJ adalah prosesor yang memiliki kecepatan tinggi dan jumlah core banyak. Prosesor yang direkomendasikan adalah Intel Core i3 atau i5 generasi ke-11 atau AMD Ryzen 3 atau 5 generasi ke-4.
  • RAM: RAM adalah memori sementara yang digunakan untuk menyimpan data dan program yang sedang dijalankan oleh laptop. RAM yang besar akan membuat laptop lebih responsif dan multitasking. RAM yang direkomendasikan adalah 4 GB atau 8 GB.
  • Storage: Storage adalah memori permanen yang digunakan untuk menyimpan data dan program secara permanen di laptop. Storage yang baik untuk jurusan TKJ adalah storage yang memiliki kapasitas besar dan kecepatan tinggi. Storage yang direkomendasikan adalah SSD (Solid State Drive) dengan kapasitas minimal 256 GB.
  • Graphics: Graphics adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar dan grafis di layar laptop. Graphics yang baik untuk jurusan TKJ adalah graphics yang dapat menjalankan aplikasi grafis dengan lancar. Graphics yang direkomendasikan adalah Intel UHD Graphics atau NVIDIA GeForce MX series.
  • Portability: Portability adalah kemudahan membawa dan menggunakan laptop di mana saja. Portability yang baik untuk jurusan TKJ adalah laptop yang memiliki bobot ringan dan ketebalan tipis. Bobot dan ketebalan ideal untuk laptop adalah kurang dari 1,5 kg dan kurang dari 20 mm.

Pada kesempatan sebelumnya kami juga membahas mengenai Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik untuk Fotografi.

Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar SMK Jurusan TKJ Bagus dan Murah

Berdasarkan fitur-fitur utama di atas, berikut adalah beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar SMK jurusan TKJ bagus dan murah:

1. Infinix Inbook X2

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i3-1005G1, RAM 4 GB, Storage 256 GB SSD, dan Graphics Intel UHD Graphics. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,24 kg dan ketebalan 14,8 mm. Laptop ini juga memiliki fitur pencahayaan ganda pada kamera depan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video di mana saja dan kapan saja. Harga laptop ini adalah sekitar Rp 5 jutaan.

2. Redmibook 15

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5-11300H, RAM 8 GB, Storage 512 GB SSD, dan Graphics NVIDIA GeForce MX450. Laptop ini memiliki bobot 1,8 kg dan ketebalan 18 mm. Laptop ini juga memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi daya baterai hingga 50% dalam waktu 35 menit. Harga laptop ini adalah sekitar Rp 9 jutaan.

3. HP Pavilion 15

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8 GB, Storage 512 GB SSD, dan Graphics Intel Iris Xe Graphics. Laptop ini memiliki bobot 1,75 kg dan ketebalan 17,9 mm. Laptop ini juga memiliki fitur audio B&O yang memberikan kualitas suara yang jernih dan bass yang dalam. Harga laptop ini adalah sekitar Rp 10 jutaan.

4. Asus ROG Zephyrus G14

Laptop ini memiliki prosesor AMD Ryzen 7-4800HS, RAM 16 GB, Storage 512 GB SSD, dan Graphics NVIDIA GeForce GTX 1650. Laptop ini memiliki bobot 1,6 kg dan ketebalan 17,9 mm. Laptop ini juga memiliki fitur animatrix LED yang dapat menampilkan animasi dan notifikasi di bagian belakang layar. Harga laptop ini adalah sekitar Rp 15 jutaan.

Baca Juga: Harga Menu Rocket Chicken Indonesia

5. Acer Aspire 7

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i5-10300H, RAM 8 GB, Storage 512 GB SSD, dan Graphics NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti. Laptop ini memiliki bobot 2,15 kg dan ketebalan 23,25 mm. Laptop ini juga memiliki fitur fingerprint reader yang dapat meningkatkan keamanan data pengguna. Harga laptop ini adalah sekitar Rp 11 jutaan.

Bagaimana Merawat Laptop Agar Performa Optimal?

Laptop adalah alat yang mahal dan penting bagi pelajar SMK jurusan TKJ. Oleh karena itu, laptop harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan optimal. Berikut adalah beberapa tips perawatan penting untuk laptop Anda:

1. Bersihkan laptop secara rutin

Debu dan kotoran dapat menyumbat ventilasi udara dan menyebabkan laptop menjadi panas dan lemot. Bersihkan laptop secara rutin dengan kain lembut atau kuas halus untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan laptop. Jangan gunakan cairan atau semprotan yang dapat merusak komponen laptop.

2. Gunakan pendingin tambahan

Pendingin tambahan seperti cooling pad atau fan eksternal dapat membantu mendinginkan laptop saat digunakan dalam waktu lama atau menjalankan aplikasi berat. Pendingin tambahan dapat mencegah laptop dari overheat yang dapat merusak komponen laptop.

3. Update sistem operasi dan aplikasi

Update sistem operasi dan aplikasi secara berkala untuk mendapatkan fitur terbaru dan memperbaiki bug atau masalah yang ada. Update sistem operasi dan aplikasi juga dapat meningkatkan keamanan dan performa laptop Anda.

4. Backup data penting

Data penting seperti dokumen, foto, video, atau file lainnya harus dibackup secara rutin ke media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternal, atau cloud storage. Backup data penting dapat mencegah kehilangan data akibat kerusakan laptop atau serangan virus.

5. Jaga baterai laptop

Baterai laptop adalah komponen yang rentan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jaga baterai laptop dengan cara berikut:

  • Jangan mengisi daya laptop terlalu lama atau terlalu sering: Mengisi daya laptop terlalu lama atau terlalu sering dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis atau bengkak. Jangan biarkan laptop terhubung dengan charger saat baterai sudah penuh atau saat tidak digunakan. Jangan juga mengisi daya laptop saat baterai masih banyak.
  • Jangan menggunakan laptop saat sedang diisi daya: Menggunakan laptop saat sedang diisi daya dapat meningkatkan suhu dan tekanan pada baterai. Hal ini dapat merusak baterai dan mengurangi umur pakainya. Jika perlu menggunakan laptop saat sedang diisi daya, gunakan pendingin tambahan dan lepaskan charger sesegera mungkin.
  • Jangan menghabiskan baterai sampai 0%: Menghabiskan baterai sampai 0% dapat menyebabkan baterai menjadi sulit diisi kembali atau tidak bisa menyimpan daya sama sekali. Jangan biarkan baterai laptop turun di bawah 20% dan segera isi daya jika sudah mencapai angka tersebut.
  • Simpan laptop di tempat yang sejuk dan kering: Suhu dan kelembaban yang tinggi dapat merusak baterai laptop. Simpan laptop di tempat yang sejuk dan kering saat tidak digunakan. Hindari menyimpan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung, dekat sumber panas, atau di dalam mobil.

Baca Juga: Rekomendasi HP Gaming Murah 2 Jutaan Terbaru dengan Kamera Terbaik

Kesimpulan

Laptop adalah alat yang penting bagi pelajar SMK jurusan TKJ. Laptop harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan jurusan TKJ, seperti prosesor, RAM, storage, graphics, dan portability. Laptop juga harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan optimal, seperti membersihkan laptop secara rutin, menggunakan pendingin tambahan, update sistem operasi dan aplikasi, backup data penting, dan jaga baterai laptop.

Demikian artikel saya tentang laptop untuk pelajar SMK jurusan TKJ bagus dan murah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari laptop untuk jurusan TKJ. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.