Wednesday , July 24 2024
Kreatif Mahasiswa Prodi PPG UMG Olah Sampah Menjadi Produk Unik

Kreatif ! Mahasiswa Prodi PPG UMG Olah Sampah Menjadi Produk Unik

Gresik, mahasiswa PPG Universitas Muhammadiyah Gresik menggelar kegiatan sosialisasi pengolahan limbah menjadi barang bernilai jual (05/05/24). Dilaksanakan di balai desa Ysowilangun, kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari warga sekitar, karang taruna, perangkat desa, dan mahasiswa PPG.

PPG Universitas Muhammadiyah Gresik

Nanang, salah satu dosen prodi PPG UMG mengatakan “Pengolahan sampah merupakan bagian penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia. Dengan mengolah sampah secara bertanggung jawab, kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat sumber daya alam, dan bahkan menciptakan peluang ekonomi baru, maka dari itu kita mengajak mahasiswa PPG untuk menghimpun masyarakat sekitar untuk bisa memaksimalkan limbah yang ada.Melalui kegiatan projek kepemimpinan, mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023 jurusan PGSD kelompok 2 melakukan pelatihan kepada pemuda-pemudi Desa Yosowilangun untuk mengolah sampah yang dilaksanakan pada Minggu, 05 Mei 2024 di Balai Desa setempat.

Mahasiswa Prodi PPG UMG

 

Febriana Iswara selaku ketua kelompok menyampaikan “Dengan kreativitas dan inovasi, sampah kain perca dapat diubah menjadi berbagai karya seni dan produk yang berguna. Hal ini tidak hanya membantu mengurangi sampah tekstil tetapi juga memberikan nilai tambah. Selain itu, pemanfaatan sampah kain perca bisa membantu menciptakan produk-produk unik dan berkelanjutan utamanya pada pemanfaatan media pembelajaran seperti desain wayang dari olahan sampah kain perca dan dapat menjadi langkah awal dalam melestarikan budaya melalui pembuatan damar kurung yang juga berasal dari kain perca”.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dari tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten” Sambung Pak Nanang Khoirul Umam, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing projek kepemimpinan di kelompok ini saat menyampaikan sambutan di depan pemuda-pemudi dan perangkat Desa Yosowilangun. (Humas UMG).

Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) bisa menjadi salah satu pilihan Anda jika sedang mencari Kampus di Gresik. Adapun informasi terkait beasiswa pendaftaran Mahasiswa Baru di UMG dapat Anda lihat di website resminya atau https://pmb.umg.ac.id/beasiswa.