Sunday , May 19 2024
Panduan Lengkap Cara Daftar Perawat Jerman Terbaru Syarat, Gaji, dan Peluang Kerja Menjanjikan

Panduan Lengkap Cara Daftar Perawat Jerman Terbaru Mei 2024: Syarat, Gaji, dan Peluang Kerja Menjanjikan

Cara Daftar Perawat Jerman Terbaru. Apakah Anda seorang perawat yang sedang mencari peluang kerja di luar negeri?  Jerman dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan penghidupan yang lebih layak. Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem kesehatan yang sangat baik, dan saat ini mereka sedang membutuhkan perawat untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di sektor kesehatan.

ArsipUmum.com akan memberikan panduan lengkap tentang cara mendaftar sebagai perawat di Jerman, persyaratan yang harus dipenuhi, gaji yang ditawarkan, dan peluang kerja yang menjanjikan. Mari kita simak artikel ini dengan seksama!

Cara Daftar Perawat Jerman

Sebelum memulai proses pendaftaran sebagai perawat di Jerman, Anda perlu memahami langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman

Kemampuan berbahasa Jerman yang baik merupakan satu hal yang sangat penting jika Anda ingin bekerja sebagai perawat di Jerman. Sebagian besar rumah sakit dan lembaga kesehatan di Jerman menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik dan belajar bahasa Jerman hingga mencapai level yang memadai.

2. Periksa Syarat Umum yang Diperlukan

Adapun syarat umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai perawat di Jerman adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
  • Berusia antara 18 hingga 40 tahun per 30 September 2023
  • Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan Gelar Pendidikan minimal D3
  • Keperawatan (D3/D4/S1 Keperawatan)
  • Memiliki Surat Tanda Registrasi Perawat (STR Perawat) yang diterbitkan dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku
  • Kemampuan bahasa Jerman minimal Level B1
  • Memiliki dokumen-dokumen pendukung sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan, seperti scan E-KTP, scan Kartu Pencari Kerja, scan Kartu Keluarga, scan Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri, scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), scan Surat Keterangan Sehat, scan Surat Keterangan Status Perkawinan, scan Ijazah Pendidikan Keperawatan, scan Transkrip Nilai Pendidikan Keperawatan, scan Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat yang masih berlaku, scan Daftar Riwayat Hidup atau CV dalam Bahasa Inggris, scan Surat Motivasi dalam Bahasa Inggris, scan Surat Rekomendasi dari tempat kerja sebelumnya dalam Bahasa Inggris (jika ada), scan Sertifikat Bahasa Jerman (jika ada), Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, serta scan Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan yang masih aktif kepesertaannya dan scan Bukti Vaksinasi Covid-19 terakhir.

3. Daftar melalui Website BP2MI

Proses pendaftaran sebagai perawat di Jerman dilakukan secara online melalui website Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di https://siskop2mi.bp2mi.go.id/. Anda perlu membuat akun SISKOP2MI dengan mengisi data diri, seperti Nama, NIK, Nomor HP aktif, Alamat email aktif, Nama Ibu Pelamar, Password, dan Repeat Password. Setelah menginput data diri, Anda akan menerima email aktivasi dari SISKOP2MI. Pastikan Anda melakukan aktivasi akun untuk dapat melanjutkan proses pendaftaran.

4. Lengkapi Dokumen Persyaratan dan Unggah ke Website

Setelah memiliki akun SISKOP2MI, Anda dapat login ke https://siskop2mi.bp2mi.go.id/ untuk memilih lowongan kerja Skema Penempatan Pemerintah (G to G) Perawat di Jerman.

Selanjutnya, lengkapi semua dokumen persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya dan unggah (upload) ke website tersebut. Pastikan semua dokumen diunggah dalam format PDF dan tidak melebihi ukuran maksimal yang ditentukan.

5. Ikuti Proses Seleksi Interview dan Pelatihan Bahasa Jerman

Setelah melengkapi dan mengunggah semua dokumen persyaratan, Anda akan menjalani proses seleksi interview dan pelatihan Bahasa Jerman. Seleksi interview dilakukan untuk menguji kemampuan komunikasi serta pengetahuan dasar mengenai bidang keperawatan.

Pelatihan Bahasa Jerman akan membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman hingga mencapai level B2 yang dibutuhkan.

6. Dapatkan Kontrak Kerja dan Proses Visa

Jika Anda berhasil melewati proses seleksi interview dan pelatihan Bahasa Jerman, Anda akan mendapatkan kontrak kerja sebagai asisten perawat di Jerman. Selanjutnya, Anda perlu mengurus proses visa dengan mengajukan permohonan kepada Kedutaan Jerman yang berada di Jakarta.

Setelah visa Anda diterbitkan, Anda dapat mempersiapkan diri untuk penerbangan ke Jerman dan memulai karier sebagai perawat di sana.

Persyaratan dan Gaji Perawat di Jerman

1. Persyaratan

Berikut adalah persyaratan yang harus Anda penuhi untuk menjadi perawat di Jerman:

  • Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
  • Berusia 18 hingga 40 tahun per 30 September 2023
  • Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan Gelar Pendidikan minimal D3
  • Keperawatan (D3/D4/S1 Keperawatan)
  • Memiliki Surat Tanda Registrasi Perawat (STR Perawat) yang diterbitkan dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku
  • Kemampuan bahasa Jerman minimal Level B1

2. Gaji

Gaji perawat di Jerman dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk pengalaman kerja dan spesialisasi. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, gaji awal perawat di Jerman berkisar antara €1.900 hingga €2.100 per bulan.

Setelah beberapa tahun bekerja, gaji perawat dapat mengalami peningkatan menjadi sekitar €2.500 hingga €2.900 per bulan. Jika Anda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, gaji yang didapatkan dapat mencapai €3.500 per bulan.

Peluang Karir Perawat di Jerman

Setelah Anda berhasil menjadi perawat di Jerman, Anda akan memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan. Sebagai perawat di Jerman, Anda dapat bekerja di berbagai fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik spesialis, pusat kesehatan, rumah orang tua dan panti jompo, rumah tempat tinggal bagi penyandang cacat, serta fasilitas perawatan jangka pendek atau layanan perawatan rawat jalan.

Selain itu, peluang untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam bidang keperawatan juga sangat besar di Jerman.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara daftar perawat di Jerman, persyaratan yang harus dipenuhi, gaji yang ditawarkan, dan peluang karir yang menjanjikan.

Jerman merupakan negara yang menawarkan peluang kerja yang sangat baik bagi perawat yang ingin mencari pengalaman internasional.

Dengan mempersiapkan kemampuan Bahasa Jerman dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan kontrak kerja di Jerman dan memulai karir yang sukses di bidang keperawatan. Jangan sia-siakan peluang ini dan segera daftarkan diri Anda untuk menjadi perawat di Jerman!