Thursday , June 20 2024
Cara Membuat Kuis Online dengan Google Forms dan Koreksi Otomatis

Cara Membuat Kuis Online dengan Google Forms dan Koreksi Otomatis

Cara Membuat Kuis Online dengan Google Form. Tips membuat kuis online yang mudah, praktis, dan efisien. Maka Anda bisa memanfaatkan Google Form sebagai alat bantu Anda. Google Form merupakan layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda membuat formulir online untuk berbagai keperluan, termasuk kuis.

Dengan Google Forms, Anda bisa membuat soal pilihan ganda, isian singkat, membuat kunci jawaban di Google Form atau esai dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa membuat kunci jawaban dan membuat koreksi otomatis di Google Form untuk setiap soal yang Anda buat. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga dalam mengevaluasi hasil kuis.

Namun, bagaimana cara membuat kuis online dengan Google Form dan bagaimana cara membuat formulir online dengan Google Form? Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan? Apa saja kelebihan dan kekurangan Google Form ini? Dalam artikel ini, kami akan menjawab semua pertanyaan tersebut dengan lengkap dan jelas. Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Kuis Online dengan Google Forms

Membuat kuis online dengan Google Form memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan

  • Gratis dan mudah digunakan. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk menggunakan layanan Google Form. Selain itu, antarmuka Google Form juga sangat sederhana dan intuitif, sehingga Anda bisa membuat kuis online dengan mudah dan cepat.
  • Fleksibel dan kustomisasi. Anda bisa membuat kuis online sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda bisa menentukan jenis pertanyaan, pilihan jawaban, nilai pertanyaan, umpan balik, tampilan formulir, dan pengaturan lainnya dengan bebas.
  • Koreksi otomatis dan umpan balik. Anda bisa membuat kunci jawaban dan koreksi otomatis untuk setiap pertanyaan yang ada di formulir. Hal ini sangat membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga dalam mengevaluasi hasil kuis. Selain itu, Anda juga bisa memberikan umpan balik kepada peserta kuis berdasarkan jawabannya.
  • Terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Anda bisa menyimpan file-file yang berkaitan dengan kuis online di Google Drive dan mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Anda juga bisa melihat hasil kuis dalam bentuk spreadsheet di Google Sheets atau grafik di Google Charts.

Kekurangan

  • Terbatas pada jenis pertanyaan tertentu. Anda tidak bisa membuat pertanyaan yang membutuhkan jawaban berupa gambar, audio, video, atau file lainnya. Anda juga tidak bisa membuat pertanyaan yang membutuhkan jawaban berupa rumus matematika atau simbol-simbol khusus.
  • Kurang cocok untuk pertanyaan esai. Jika Anda ingin membuat pertanyaan esai, Anda harus menentukan jawaban yang benar atau dianggap benar secara manual. Hal ini bisa menyulitkan Anda dalam membuat kunci jawaban dan koreksi otomatis, terutama jika jawaban peserta bervariasi atau bersifat subjektif.
  • Rentan terhadap kecurangan. Peserta kuis bisa saja mencari jawaban di internet atau berkolaborasi dengan peserta lain tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini bisa mengurangi validitas dan reliabilitas hasil kuis.

Cara Membuat Kuis Online dengan Google Form

Untuk membuat kuis online dengan Google Form, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat Akun Google

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google jika Anda belum memilikinya. Akun Google ini akan digunakan untuk mengakses layanan Google Form dan layanan Google lainnya yang terkait, seperti Google Drive dan Google Sheets.

Untuk membuat akun Google, Anda bisa mengunjungi situs 1 dan mengisi data diri Anda seperti nama, email, kata sandi, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan alamat email cadangan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai akun Anda berhasil dibuat.

2. Membuat Folder di Google Drive

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat folder di Google Drive untuk menyimpan file-file yang berkaitan dengan kuis online yang akan Anda buat. Folder ini berguna untuk mengatur dan memudahkan Anda dalam mencari file-file yang dibutuhkan.

Tips membuat folder di Google Drive, Anda bisa mengunjungi situs 2 dan login dengan akun Google Anda. Setelah itu, klik menu Baru di sebelah kiri atas dan pilih Folder. Beri nama folder sesuai dengan nama kuis atau topik yang Anda inginkan, misalnya Kuis Matematika Kelas X. Kemudian, klik Buat.

3. Membuat Formulir di Google Form

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah membuat formulir di Google Form yang akan digunakan sebagai media kuis online. Formulir ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada peserta kuis, beserta pilihan jawaban atau ruang jawaban yang disediakan.

Cara membuat formulir di Google Form, Anda bisa mengunjungi situs 3 dan login dengan akun Google Anda. Setelah itu, klik menu Mulai formulir kosong untuk membuat formulir baru atau pilih salah satu template yang tersedia jika ingin menggunakan formulir yang sudah jadi.

Setelah masuk ke halaman pembuatan formulir, Anda bisa mengisi judul formulir, deskripsi formulir, pertanyaan-pertanyaan, pilihan jawaban atau ruang jawaban, serta pengaturan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat formulir di Google Form:

  • Untuk menambahkan pertanyaan baru, klik tombol Tambah pertanyaan di sebelah kanan atas.
  • Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik tombol Duplikat.
  • Untuk menghapus pertanyaan yang ada, klik tombol Hapus.
  • Untuk mengubah jenis pertanyaan, klik tanda panah di sebelah kanan atas pertanyaan dan pilih jenis pertanyaan yang diinginkan. Jenis pertanyaan yang tersedia antara lain Pilihan Ganda, Kotak Centang,
  • Dropdown, Isian Singkat, Paragraf, Skala Linier, Skala Multipel, Kotak Tanggal, Kotak Waktu, File Unggahan.
  • Untuk menambahkan gambar atau video ke pertanyaan, klik tombol Tambah gambar atau Tambah video di sebelah kanan atas pertanyaan.
  • Untuk menambahkan bagian baru ke formulir, klik tombol Tambah bagian di sebelah kanan bawah pertanyaan. Bagian ini berguna untuk membagi formulir menjadi beberapa halaman atau subtopik.
  • Untuk mengatur tampilan formulir, klik tombol Sesuaikan tema di sebelah kanan atas formulir. Anda bisa mengubah warna latar belakang, gambar latar belakang, font, dan warna aksen formulir sesuai dengan selera Anda.

4. Mengubah Formulir Menjadi Kuis

Langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah mengubah formulir yang telah Anda buat menjadi kuis. Kuis adalah fitur khusus dari Google Form yang memungkinkan Anda untuk membuat kunci jawaban dan koreksi otomatis untuk setiap pertanyaan yang ada di formulir.

Dengan fitur ini, Anda bisa menilai hasil kuis secara langsung dan memberikan umpan balik kepada peserta kuis. Untuk mengubah formulir menjadi kuis, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik menu Pengaturan di sebelah kanan atas formulir.
  • Pilih tab Kuis dan centang opsi Jadikan ini sebagai kuis.
  • Atur pengaturan kuis sesuai dengan keinginan Anda, seperti kapan peserta bisa melihat nilai mereka, apakah mereka bisa melihat jawaban yang benar atau salah, apakah mereka bisa melihat umpan balik yang Anda berikan, dan lain-lain.
  • Klik Simpan.

5. Membuat Kunci Jawaban dan Koreksi Otomatis

Langkah kelima yang harus Anda lakukan adalah membuat kunci jawaban dan koreksi otomatis untuk setiap pertanyaan yang ada di formulir. Kunci jawaban adalah jawaban yang benar atau dianggap benar untuk setiap pertanyaan. Koreksi otomatis adalah proses penilaian jawaban peserta berdasarkan kunci jawaban yang telah ditentukan. Untuk membuat kunci jawaban dan koreksi otomatis, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik pertanyaan yang ingin Anda buat kunci jawabannya di formulir.
  • Klik tombol Kunci jawaban di sebelah kiri bawah pertanyaan.
  • Untuk pertanyaan pilihan ganda, kotak centang, atau dropdown, pilih jawaban yang benar dengan mengklik ikon centang di sebelah kanan pilihan jawaban. Anda bisa menentukan lebih dari satu jawaban yang benar jika diperlukan.
  • Untuk pertanyaan isian singkat atau paragraf, ketikkan jawaban yang benar atau dianggap benar di kolom Jawaban. Anda bisa menentukan lebih dari satu jawaban yang benar jika diperlukan.
  • Untuk pertanyaan skala linier atau skala multipel, pilih rentang nilai yang benar dengan menggeser slider di kolom Jawaban.
  • Untuk pertanyaan file unggahan, tidak ada kunci jawaban yang bisa dibuat karena jawabannya berupa file yang diunggah oleh peserta.
  • Tentukan nilai atau bobot untuk setiap pertanyaan dengan mengisi kolom Nilai Pertanyaan. Nilai ini akan digunakan untuk menghitung nilai akhir peserta berdasarkan jumlah jawaban yang benar.
  • Jika ingin memberikan umpan balik kepada peserta berdasarkan jawabannya, klik tombol Tambah umpan balik dan isi kolom Umpan Balik Jawaban Benar atau Umpan Balik Jawaban Salah dengan teks, gambar, atau link yang relevan.
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap pertanyaan yang ada di formulir.

6. Membagikan Formulir ke Peserta Kuis

Langkah keenam yang harus Anda lakukan adalah membagikan formulir ke peserta kuis. Ada beberapa cara untuk membagikan formulir, yaitu melalui email, link, kode QR, atau media sosial. Untuk membagikan formulir, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Kirim di sebelah kanan atas formulir.
  2. Pilih cara yang ingin Anda gunakan untuk membagikan formulir, yaitu:
  • Melalui email: Masukkan alamat email peserta kuis di kolom Untuk, tambahkan subjek dan pes an yang ingin Anda sampaikan, lalu klik Kirim. Anda juga bisa menambahkan formulir sebagai lampiran email dengan mengklik ikon Lampirkan formulir di sebelah kanan bawah.
  • Melalui link: Salin link formulir yang muncul di kolom Link untuk dibagikan, lalu tempelkan ke tempat yang Anda inginkan, misalnya pesan teks, chat, atau blog. Anda juga bisa memperpendek link formulir dengan mengklik ikon Perpendek URL.
  • Melalui kode QR: Klik tombol Unduh di sebelah kanan bawah untuk mengunduh gambar kode QR formulir, lalu bagikan gambar tersebut ke peserta kuis. Peserta kuis bisa membuka formulir dengan cara memindai kode QR menggunakan kamera ponsel atau aplikasi pemindai.
  • Melalui media sosial: Klik ikon media sosial yang Anda inginkan, seperti Facebook, Twitter, atau WhatsApp, lalu ikuti langkah-langkah yang muncul untuk membagikan formulir ke akun media sosial Anda.
    Salin

Itulah cara membuat kuis online dengan Google Form dan koreksi otomatis yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan Google Form, Anda bisa membuat kuis online yang mudah, praktis, dan efisien. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.