Saturday , February 24 2024
Cara Memasang Aki Motor NMAX Yamaha

Mudah! Inilah Cara Memasang Aki Motor NMAX Yamaha, Perhatikan Letak Kutub yaa

Cara Pasang Aki Motor NMAX Yamaha. Aki motor Yamaha NMAX adalah aki yang digunakan pada motor Yamaha NMAX sebagai sumber energi utama. Aki ini berfungsi untuk menyimpan dan mengeluarkan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor Yamaha NMAX untuk menghidupkan mesin dan mengoperasikan komponen-komponen lain di dalam motor.

Untuk pemasangan aki motor Nmax old perhatikan letaknya dan upayakan tidak salah. Aki Yamaha NMAX terbuat dari sejumlah sel baterai yang terhubung bersama-sama dan dilindungi oleh sebuah casing yang tahan terhadap benturan. Aki Yamaha NMAX biasanya menggunakan teknologi lead-acid atau lithium-ion sebagai sumber energi utama.

Untuk mendapatkan aki motor Yamaha NMAX yang berkualitas, pastikan untuk membeli aki dari sumber yang terpercaya dan menggunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Yamaha NMAX. Harga aki motor NMAX di dealer yamaha saat ini memang dijual dengan harga masih cukup tinggi.

Perlunya konsultasi sebelum membeli adalah hal yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada aki, seperti memeriksa tingkat isi aki secara rutin dan mengisi ulang aki jika terkuras. Baca ulasan kami mengenai Tips Memilih Busi yang berkualitas untuk sepeda motor kesayangan.

Tips Merawat Aki Motor Nmax

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat aki motor Yamaha NMAX agar tetap dalam kondisi baik dan tahan lama adalah sebagai berikut:

1. Sambungkan Aki Secara Benar

Pastikan untuk menghubungkan terminal positif aki ke kabel positif, dan terminal negatif aki ke kabel negatif. Jangan sampai terbalik, karena dapat menyebabkan kerusakan pada aki atau komponen lain di motor.

2. Hindarkan Aki dari Tempat Panas

Aki dapat terpengaruh oleh suhu yang tinggi, sehingga penting untuk menjauhkan aki dari sumber panas seperti matahari langsung atau tempat parkir yang terkena sinar matahari langsung.

3. Jangan Sampai Aki Terkuras Habis

Aki harus selalu terisi agar dapat bekerja dengan baik. Jika aki terkuras, segera isi ulang dengan menggunakan charger aki yang sesuai.

Baca Juga:

4. Gunakan Charger Aki yang Sesuai

Gunakan charger aki yang sesuai dengan spesifikasi aki Yamaha NMAX agar tidak menyebabkan kerusakan pada aki.

5. Cadangan Aki

Selalu bawa cadangan aki saat berkendara, terutama jika akan pergi jauh. Hal ini akan mengurangi risiko aki terkuras atau terjadi kecelakaan karena kehabisan aki.

6. Periksa tingkat isi aki secara rutin

Periksa tingkat isi aki secara rutin di dealer resmi terdekat agar motor dapar digunakan dengan lancar tanpa kendala saat berkendara.

Cara Memasang Aki Nmax Motor Yamaha

Pada bagian ini, cara pasang aki motor Yamaha NMAX, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka tutup aki motor dengan menggunakan obeng.
  2. Lepaskan terminal negatif aki dengan menggunakan obeng.
  3. Lepaskan terminal positif aki dengan menggunakan obeng.
  4. Lepaskan aki lama dari tempatnya dengan menggunakan obeng.
  5. Pasang aki baru ke tempatnya dengan menggunakan obeng.
  6. Pasang terminal positif aki dengan menggunakan obeng.
  7. Pasang terminal negatif aki dengan menggunakan obeng.
  8. Tutup tutup aki motor dengan menggunakan obeng.
  9. Sambungkan kabel-kabel aki yang terputus saat membuka tutup aki.
  10. Matikan kunci kontak motor selama 10-15 menit untuk mengembalikan waktu booting sistem elektronik.
  11. Hidupkan kembali kunci kontak motor dan cek apakah aki baru sudah terpasang dengan benar.

Baca Juga:

Pastikan untuk selalu menggunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Yamaha NMAX. Jangan lupa untuk memakai perlindungan pribadi seperti sarung tangan dan kacamata saat memasang aki motor.